Rebound Ads
Tips Menggabungkan Pemasaran Digital dan Iklan Luar Ruangan

Tips Menggabungkan Pemasaran Digital dan Iklan Luar Ruangan

13 Feb 2025

Dalam dunia marketing, pemasaran digital dan iklan luar ruangan sudah lama eksis sebagai dua elemen yang penting. Namun saat ini perhatian konsumen kerap terpecah sehingga memerlukan kolaborasi yang sinergis antara pemasaran digital dan iklan luar ruangan. Melalui artikel kali ini, kita akan membahas tips menggabungkan pemasaran digital dan iklan luar ruangan.

Tips Menggabungkan Pemasaran Digital dan Iklan Luar Ruangan
@loveVlucas

8 Tips Menggabungkan Pemasaran Digital dan Iklan Luar Ruangan

Menggabungkan antara pemasaran digital dengan iklan luar ruangan atau Out-of-Home (OOH) advertising merupakan sebuah respon untuk beradaptasi dengan teknologi yang kian pesat perkembangannya, tak terkecuali dalam hal promosi. Ini bisa menjadi strategi ideal untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas kampanye.

Dengan kolaborasi yang tepat, Anda bisa menciptakan pengalaman pemasaran yang imersi dan berpengaruh besar untuk audiens. Berikut ini adalah tips mengombinasikan pemasaran digital dengan OOH advertising untuk promosi lebih efektif.

Manfaatkan Data Lokasi untuk Iklan Digital

Pertama, Anda bisa menggunakan data dari lokasi OOH untuk menargetkan pemasaran digital Anda. Misal Anda memiliki billboard di lokasi A, targetkan iklan digita kepada pengguna yang berada dalam radius tertentu dari lokasi tersebut melalui platform iklan berbasis lokasi.

Tips menggabungkan pemasaran digital dan iklan luar ruangan ini memungkinkan keterlibatan audiens yang lebih banyak dan pesan dalam iklan akan semakin kuat.

Sinkronisasi Pesan Iklan

Pastikan pesan iklan di pemasaran digital dengan OOH selaras. Contohnya adalah dengan menggunakan tagline, warna, hingga elemen visual yang sama. Ini membantu audiens dalam mengenali dan mengingat kampanye Anda di berbagai platform.

Pilih Lokasi OOH yang Relevan

Pemilihan lokasi iklan luar ruangan juga sangat berpengaruh. Anda bisa memilih lokasi strategis yang sering dilewati oleh target audiens Anda.

Anda bisa mengumpulkan dan menganalisis data audiens melalui pemasaran digital. Salah satunya adalah data dari media sosial, pencarian Google, atau insight dari platform iklan digital.

Contoh, jika bisnis Anda adalah seputar produk kecantikan, maka tempatkan iklan di area yang banyak dikunjungi perempuan, seperti salon atau pusat perbelanjaan.

Gunakan Kode QR untuk Menghubungkan Offline dan Online

Tips menggabungkan pemasaran digital dan iklan luar ruangan selanjutnya adalah memasang QR code. Anda bisa menambahkan kode QR di billboard, videotron, atau media OOH lain.

QR code ini nantinya akan mengarahkan pengguna ke landing page khusus, media sosial, halaman pembelian, atau situs promosi khusus. Kode QR memungkinkan audies dapat mengakses informasi tentang brand atau produk Anda secara digital dengan instan.

Buat Kampanye Interaktif

Buatlah kampanye interaktif yang mendorong partisipasi audiens, seperti kontes foto dengan hastag khusus.

Contohnya, Anda bisa meminta audiens berfoto dengan billboard atau videotron Anda kemudian mengunggahnya ke media sosial menggunakan tagar khusus untuk memenangkan hadiah menarik. Selain meningkatkan interaksi, ini juga dapat membentuk brand awareness secara online.

Buat Konten yang Dinamis

Tips menggabungkan pemasaran digital dan iklan luar ruangan berikutnya, Anda perlu mengimbangi dengan keselarasan pada kampanye digital Anda di berbagai platform, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan sebagainya. Ini membantu menciptakan pengalaman yang konsisten terhadap audiens.

Manfaatkan videotron atau LED screen untuk menampilkan iklan dinamis yang dapat menyesuaikan kondisi waktu dan cuaca. Misal, Anda bisa menayangkan iklan yang berbeda pada jam sibuk pagi atau sore hari untuk menargetkan audiens yang berbeda.

Bekerja Sama dengan Influencer Marketing

Anda bisa mengajak kolaborasi content creator, influencer, hingga artis untuk mempromosikan brand dan kampanye Anda di media digital. Anda juga bisa menampilkan mereka di papan iklan luar ruangan.

Hal ini berguna untuk meningkatkan kredibilitas dan jangkauan kampanye. Bersamaan Anda menampilkan wajah influencer di iklan OOH, sembari Anda mengarahkan audiens untuk melihat kontennya di platform digital.

Analisis dan Mengoptimalkan Kampanye

Terakhir, manfaatkan data dari kampanye digital dan iklan luar ruangan untuk mengevaluasi efektivitas iklan Anda. Pantau secara berkala meningkatkan traffic situs, engagement di media sosial, dan kenaikan penjualan setelah kampanye berjalan.

Dengan analisis yang tepat, Anda bisa memaksimalkan strategi pemasaran untuk kampanye selanjutnya. Misal, jika iklan di lokasi tertentu memberikan hasil yang lebih baik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah slot iklan OOH di sana atau lokasi serupa lainnya.

Promo Menarik dari Rebound Ads

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Rebounds Ads hadir dengan diskon bundling menarik dan promo spesial berupa “Promo Berkah Ramadhan”. Hanya dengan Rp 65 juta saja, Anda sudah bisa beriklan di dua lokasi strategis di Bogor selama satu bulan full.

Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Segera akses laman Rebound Ads untuk informasi lebih lengkap.

Sembari lakukan tips menggabungkan pemasaran digital dan iklan luar ruangan di atas dan bekerja sama dengan Rebound Ads, Anda bisa membangun kampanye yang lebih kuat dan efektif untuk bisnis.