Kereta merupakan moda transportasi harian yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Moda transportasi ini, banyak dimanfaatkan oleh para pekerja yang tinggal di berbagai kota penyangga ibukota. Di era yang semakin modern, moda transportasi kereta juga digunakan sebagai media beriklan efektif untuk meningkatkan visibilitas brand pengusaha.

Train Advertising Menjadi Tren Media Beriklan Efektif
Menurut Badan Pusat Statistik bulan November 2024, PT Kereta Api Indonesia melaporkan bahwa penggunaan moda transportasi kereta mencapai 36.019 orang penumpang. Jumlah pengguna ini semakin meningkat, sehingga menciptakan peluang baru dalam dunia iklan.
Berdasarkan data tersebut, train advertising memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan demikian, metode iklan ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi pebisnis untuk memikat ratusan calon konsumen.
Keuntungan Menggunakan Train Advertising
Bagi pebisnis yang ingin meningkatkan kesadaran dan eksposur merek di tengah masyarakat urban, iklan di kereta api (train advertising) dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan keunggulan seperti jangkauan yang luas, biaya yang relatif rendah, dan kemampuan untuk menargetkan audiens yang spesifik, iklan di kereta api dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan mendukung keberlangsungan usaha.
Meningkatkan Brand Awareness
Umumnya, pengguna commuter line atau KRL lebih mudah mengenal produk yang terpampang pada kereta api. Dengan rata-rata perjalanan selama 1 jam, iklan pada KRL akan sering terlihat secara berulang. Dengan demikian metode train advertising ini mampu meningkatkan brand awareness secara signifikan.
Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen
Memasang iklan pada moda transportasi kereta api dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk atau jasa yang dikampanyekan. Hal ini karena masyarakat cenderung memandang produk yang diiklankan di kereta api sebagai produk yang berasal dari perusahaan ternama dan memiliki kredibilitas baik. Dengan demikian, iklan di kereta api dapat membantu meningkatkan kesadaran dan kepercayaan merek di kalangan masyarakat.
Membangun Citra Positif
Train advertising mampu membangun citra positif bagi brand dan perusahaan. Dengan demikian, metode ini memberikan jaminan perkembangan bisnis dapat berjalan dalam jangka panjang.
Meningkatkan Penjualan
Iklan yang terpasang pada gerbong atau bagian dalam kereta, memungkinkan pengguna KRL untuk otomatis membacanya. Saat produk kampanye relevan dengan kebutuhan pengguna, metode ini mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara langsung. Hal ini menjadikan train advertising sebagai media beriklan efektif untuk mempengaruhi tingkat kunjungan, baik pada toko, website, media sosial, dan lainnya.
Strategi Train Advertising
Menerapkan iklan pada moda transportasi kereta api merupakan kampanye produk yang sangat menjanjikan. Namun, pengusaha harus memahami strategi terbaik untuk memastikan bahwa iklan dapat mencapai target audiens sesuai harapan.
Tentukan Target Audiens
Sama halnya seperti membuat marketing campaign, menentukan target audiens menjadi strategi penting untuk diterapkan. Lakukan analisis penumpang untuk mengetahui audiens yang tepat bagi kampanye produk.
Kemudian, lakukan analisis terhadap aspek customer behavior. Dalam hal ini, pebisnis harus menganalisis kebiasaan audiens untuk memperoleh informasi yang relevan.
Setelah melakukan analisis tersebut, pengguna dapat mengetahui konten pemasaran yang dapat menarik audiens. Misalnya, membuat promosi produk dengan pendekatan emosional. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebarkan pesan positif kepada masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dengan menggunakan brand pengusaha.
Memilih Rute dan Jenis Kereta
Pilihlah rute kereta api yang memiliki penumpang ramai. Misalnya, lintas Manggarai ke Bogor atau Cikarang. Selain itu, sesuaikan jenis kereta yang akan digunakan sebagai media kampanye produk.
Konsultasikan pemasangan iklan dengan perusahaan terpercaya. Dalam hal ini, Rebound ads merupakan media beriklan efektif yang mampu menunjang brand awareness pengusaha.
Menggunakan Desain yang Efektif
Siapkan desain iklan yang efektif dengan memperhatikan beberapa aspek penting. Misalnya gambar, copywriting, dan warna yang akan digunakan. Desain yang baik, mampu menyajikan tiga komponen tersebut secara seimbang.
Usahakan membuat desain yang simpel, eye-catching, dan sesuai dengan target audiens. Selain itu, pastikan bahwa desain poster selaras dengan identitas merek pengusaha.
Fokuskan kampanye produk pada satu pesan utama dengan headline yang kuat dan visual menarik. Tambahkan elemen desain dan CTA yang menonjol untuk menarik interaksi dari audiens. Dalam hal ini, Rebound ads memiliki tim ahli yang mampu meningkatkan visibilitas brand melalui desain kreatif, konten menarik, dan penggunaan media tepat sasaran.
Ukur Efektivitas Iklan
Dalam media beriklan efektif, mengukur kesuksesan menjadi tahapan penting yang tidak boleh terabaikan. Lakukan evaluasi terhadap kinerja iklan untuk memastikan kampanye mendapatkan eksposur secara maksimal.
Selain itu, lakukan analisis terhadap jumlah dan demografi penumpang untuk memastikan kampanye iklan dapat menjangkau audiens yang tepat. Kumpulkan feedback dari penumpang untuk mengetahui reaksi mereka terhadap kampanye produk. Terakhir, hitunglah tingkat ad-recall guna mengukur seberapa banyak penumpang yang mengingat produk iklan.
Rebound Ads Membantu Meningkatkan Visibilitas Brand
Rebound Ads merupakan perusahaan media iklan luar ruang yang mampu meningkatkan visibilitas brand secara efektif. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital terbaik, layanan ini memberikan solusi kreatif sesuai kebutuhan bisnis.
Berbagai inovasi yang dilakukan, menjadikan Rebound ads sebagai layanan yang dapat membangun kesadaran merek secara signifikan. Beberapa layanan yang tersedia mencakup billboard, videoton, dan media digital interaktif lainnya.
Di era modern, moda transportasi kereta telah menjelma menjadi media beriklan efektif untuk meningkatkan visibilitas brand pengusaha. Train advertising ini menawarkan beberapa keunggulan yang penting untuk menunjang keberlangsungan usaha.