Rebound Ads
Strategi Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness di 2025

Strategi Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness di 2025

27 Des 2024

Salah satu kunci untuk mengembangkan potensi bisnis adalah dengan meningkatkan brand awareness. Namun sayangnya masih banyak pengusaha yang menganggap kunci sukses berbisnis adalah terletak pada produk dan layanan saja. Padahal kedua faktor ini hanya sebagian kecil dari kunci kesuksesan di dunia bisnis, karena hal lain yang wajib mendapat perhatian adalah pemaparan merek.

Meningkatkan Brand Awareness
pixabay.com

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan indikator yang menyatakan sejauh mana konsumen mengingat dan mengenal sebuah merek atau bisnis. Termasuk diantaranya adalah tingkat familiaritas dan pengenalan merek atau brand di antara target konsumen.

Jadi, pada saat konsumen melihat nama merek, logo atau elemen identitas visual yang lain maka akan mudah menghubungkan dengan identitas bisnis. Sehingga, semakin banyak orang yang mengenal identitas sebuah bisnis, maka kemungkinan brand awareness menghasilkan potensi penjualan produk atau layanan semakin tinggi pula.

Berikut ini beberapa strategi marketing yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness.

Perkuat Identitas Logo

Logo dan identitas brand merupakan elemen penting dalam membangun brand awareness bisnis. Sebelum menentukan logo, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Target Pasar
    Pastikan logo mencerminkan selera dan kebutuhan target pasar Anda. Pemahaman yang mendalam tentang audiens membantu menciptakan desain yang relevan.
  2. Desain yang Unik dan Mudah Diingat
    Logo harus memiliki elemen desain yang sederhana, menarik, dan mudah diingat untuk menciptakan kesan yang kuat di benak konsumen.
  3. Pilihan Warna yang Tepat
    Warna memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap persepsi konsumen. Pilihlah warna yang tidak hanya sesuai dengan kepribadian brand, tetapi juga mampu menciptakan asosiasi emosional yang positif dan kuat.

Dengan memperhatikan ketiga aspek ini, logo Anda dapat menjadi identitas visual yang efektif untuk meningkatkan brand awareness secara signifikan.

Manfaatkan Media Sosial dan Website

Media sosial menjadi salah satu platform yang mudah untuk diakses ketika mencari informasi terkait produk atau layanan. Strategi pemasaran menggunakan media sosial agar identitas brand semakin dikenal masyarakat luas dengan memilih platform yang tepat.

Kemudian tampilkan logo dan identitas dari brand di setiap materi promosi. Lakukan secara konsisten disertai dengan konten berkualitas dan interaksi dengan audiens.

Selain media sosial, website juga bisa menjadi platform untuk menampilkan merek secara intensif melalui konten-konten informatif. Pastikan website berjalan optimal dengan desain dan tampilan menarik.

Membuat Konten yang Menarik

Buatlah konten marketing yang menarik dan berkualitas untuk meningkatkan brand awareness. Agar konten marketing bisa menyebar luas dan viral maka gunakan unsur yang menarik dan informatif.

Menggunakan Influencer

Jasa influencer juga bisa meningkatkan brand awareness. Influencer mempunyai pengaruh signifikan karena mereka mempunyai pengikut yang banyak di media sosial.

Followers ini cenderung akan mengikuti tren, termasuk produk atau layanan yang dipakai oleh influencer favorit. Maka dari itu, pilihlah influencer yang mempunyai jumlah followers banyak dan berpengalaman dalam mempromosikan serta meningkatkan brand bisnis.

Membuat Event atau Kegiatan Khusus

Mengadakan event dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis. Misalnya dengan promo yang menarik, membuat produk dengan edisi terbatas dan mengadakan bazar. Selain itu, bisa dengan ikut serta dalam acara seperti pameran atau konser musik.

Maksimalkan dengan Media Luar Ruang

Media luar ruangan (OOH) menjadi salah satu platform strategis yang dapat membangun brand awareness dan membantu menjangkau audiens lebih luas. OOH ini menawarkan peluang kreatif dan berbagai format untuk menarik perhatian audiens.

Maka dari itu, pilih lokasi yang tepat dengan memahami target audiens, pilih lokasi strategis dengan traffic tinggi dan konteks pesan yang ingin disampaikan. Kemudian gunakan desain yang menarik dan kreatif. Gunakan gambar yang mudah diingat dengan pesan singkat serta jelas.

Selain itu, memanfaatkan berbagai format OOH seperti billboard dan videotron. Billboard cocok untuk promosi produk baru dan brand awareness dengan format klasik yang efektif menjangkau audiens lebih luas. Sedangkan format videotron lebih dinamis dengan konten video, sehingga cocok untuk menampilkan cerita produk atau brand.

Selanjutnya dapat mengintegrasikan iklan media luar ruangan tersebut dengan strategi marketing lain. Misalnya berkolaborasi dengan influencer yang relevan atau menggunakan hashtag khusus supaya audiens dapat berinteraksi dengan brand di media sosial.

Jika dapat menerapkan strategi yang kreatif dan tepat, OOH bisa menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai tujuan marketing.

Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Brand awareness memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen terhadap bisnis. 

Kepercayaan konsumen ini bisa membangun loyalitas yang lebih tinggi. Jika konsumen percaya pada sebuah merek, maka memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian ulang atau bahkan menjadi pelanggan setia. Selain itu, kemungkinan juga akan merekomendasikan merek tersebut kepada keluarga atau teman-teman mereka. 

Saat konsumen sudah mengenali sebuah merek, maka cenderung akan membandingkan dengan merek lain. Dengan brand awareness yang kuat maka akan membantu mengurangi keraguan yang sering muncul saat konsumen berhadapan dengan keputusan pembelian. 

Manfaat brand awareness selanjutnya adalah mengurangi biaya pemasaran karena konsumen sudah akrab dengan merek tersebut. Secara langsung brand awareness yang tinggi juga berkontribusi pada peningkatan brand equity atau nilai merek sebuah bisnis. Asosiasi positif dari konsumen akan memperkuat citra merek dan meningkatkan persepsi nilai dari produk atau jasa. 

Untuk membangun brand awareness melalui media iklan luar ruangan, penting untuk memilih perusahaan yang berpengalaman dan terpercaya. Salah satu pilihan terbaik adalah REBOUND Ads yang saat ini menawarkan promo bundling menarik.

Nikmati bonus 1 bulan beriklan gratis di Billboard Rubo dengan syarat beriklan selama 1 bulan di Videotron Ornamen Kujang Bogor. Kesempatan ini sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan brand Anda dengan efektif!