Pada dasarnya, Ramadhan dapat menjadi ladang pahala, sekaligus menyimpan berbagai potensi bisnis untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Kendati demikian, keuntungan bisnis di bulan Ramadhan ini ditentukan oleh strategi pemasaran yang efective. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan strategi paling tepat, demi memperoleh keuntungan lebih di bulan penuh berkah.

Strategi Pemasaran yang Efective untuk Bisnis Ramadhan
Dalam praktiknya, beriklan di bulan Ramadhan memaksa brand untuk peka terhadap nilai-nilai keagamaan dan sosial. Dengan begitu, pesan iklan dapat disampaikan penuh empati dan sesuai kondisi. Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk menunjang kesuksesan bisnis di bulan Ramadhan.
Sediakan Produk dan Bundling Khusus
Cobalah untuk membuat gebrakan baru dengan peluncuran produk khusus. Misalnya, produk limited edition atau special edition khusus di bulan Ramadhan. Strategi Pemasaran yang efective ini dapat menciptakan nilai tambah dan daya tarik lebih di berbagai kalangan audiens.
Selain itu, pebisnis juga dapat menyediakan paket bundling. Ketersediaan paket bundling ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membeli beberapa barang secara bersamaan dengan harga yang lebih terjangkau.
Desain Ulang Kemasan Bernuansa Ramadhan
Ciptakan desain ulang kemasan produk yang menggambarkan nuansa bulan Ramadhan. Misalnya, model dengan fashion islami atau ikon unik seperti ketupat.
Dalam praktiknya, gunakan desain produk dengan warna atau ilustrasi di bulan Ramadhan. Kemudian, tambahkan tulisan ucapan seperti “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”.
Tawarkan Promo Spesial Menarik
Pada dasarnya, seluruh konsumen akan tergiur terhadap penawaran promo khusus. Bahkan, sebuah survei membuktikan bahwa penawaran diskon produk di e-commerce menjadi daya tarik utama konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Strategi pemasaran yang efective tersebut, dibuktikan dengan besarnya persentase konsumen yang menjadikan promo diskon sebagai pertimbangan utama untuk berbelanja online. Data tersebut menarik kesimpulan hingga 90.9 % konsumen yang tertarik terhadap program pemasaran.
Sebagai informasi, menawarkan produk dengan promo spesial bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya promo beli 3 gratis 1, diskon harga, atau hadiah spesial untuk pembelian produk khusus. Melalui strategi tersebut, pelanggan akan semakin tertarik untuk berbelanja atau bahkan melakukan pembelian berulang.
Gencarkan Promosi di Media Sosial dan E-Commerce
Seiring perkembangan teknologi, para konsumen mulai mencari berbagai informasi lewat media sosial. Dalam hal ini, media sosial memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung kegiatan pemasaran bisnis, termasuk selama bulan Ramadhan.
Pentingnya keberadaan media sosial tersebut, menjadikan para pebisnis harus peka terhadap sistem pemasaran yang efektif. Cobalah untuk menggencarkan pemasaran secara masif di bulan Ramadhan, melalui berbagai platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, ataupun Whatsapp.
Selain itu, kuatkan eksistensi bisnis di berbagai platform e-commerce. Dengan demikian, pebisnis dapat menjangkau konsumen secara luas, sekaligus memberikan informasi mengenai berbagai produk yang tersedia. Untuk mendulang banyak keuntungan, iringi strategi pemasaran yang efective tersebut dengan promo dan diskon menarik.
Perpanjang Jam Pelayanan
Pada dasarnya, aktivitas selama bulan Ramadhan tentu berbeda dengan hari-hari biasanya. Dalam hal ini, kebanyakan konsumen memilih waktu berbelanja di malam hari.
Umumnya, perubahan waktu belanja konsumen dipengaruhi oleh aktivitas padat di siang hari seperti bekerja, ibadah, maupun istirahat. Oleh sebab itu, memperpanjang jam layanan mendekati tengah malam, menjadi strategi terbaik yang bisa diterapkan oleh pebisnis.
Tingkatkan Awareness dengan Menggandeng Influencer
Secara umum, influencer memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini, lantaran audiens di media sosial cenderung memiliki figur yang diikuti secara intens baik soal gaya hidup, fashion, make up, dan konsumsi produk lainnya.
Ketika influencer memberikan rekomendasi produk tertentu, kebanyakan audiens atau penggemar akan mengikuti arahan tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, bekerjasamalah dengan influencer, sesuai dengan target market yang ingin dicapai. Ajaklah influencer tersebut untuk menggencarkan produk lewat media sosial mereka.
Selain itu, pebisnis juga dapat menarik perhatian audiens dengan mencantumkan foto influencer dalam kemasan produk. Strategi pemasaran yang efective ini dapat menjadi jalan praktis untuk meningkatkan keuntungan di bulan Ramadhan.
Manfaatkan Media Kreatif OOH
Media kreatif OOH dapat menjadi strategi bisnis terbaik di bulan Ramadhan. Audiens yang sering berada di luar ruangan, memberikan kesempatan besar kepada media OOH untuk meningkatkan visibilitas usaha.
Bagi pebisnis yang mencari layanan OOH terpercaya, Rebound Ads dapat menjadi rekomendasi paling tepat. Layanan ini merupakan penyedia jasa OOH yang berpengalaman dan berkualitas unggul.
Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Rebound Ads memberikan diskon bundling spesial yang sangat menguntungkan. Hanya dengan 65jt, pebisnis dapat menikmati berikan sekaligus di 2 lokasi strategis. Promo “Berkah Ramadhan” ini menjadi terobosan bagi Rebound Ads untuk membantu pebisnis memperoleh keuntungan maksimal di bulan Ramadhan.
Strategi pemasaran yang efective menjadi langkah tepat untuk mendulang banyak keuntungan di bulan Ramadhan. Dalam hal ini, Rebound Ads hadir menjadi layanan OOH terbaik yang memberikan pilihan beriklan efektif di berbagai lokasi strategis.